Senin, 07 Juli 2014

Fitur UnMatch dan Edit Data pada Verval PD



Dalam melakukan verifikasi dan validasi peserta didik pada web NISN, beberapa operator mengalami kendala saat mereka salah mengklik Match atau Not Match, yang seharusnya Match namun diklik Not Match, dan juga sebaliknya. Kesalahan data nama dan tanggal lahir juga menjadi kendala mengingat kedua hal tersebut tidak dapat diutak-atik pada aplikasi Dapodik.
Pihak PDSP mengakomodir kebutuhan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut dengan menambahkan fitur baru pada web verval PD, yakni tombol UnMatch dan Edit data PD. Apa dan bagaimana kedua fitur ini digunakan? Yuk kita cek satu per satu.
1. Fitur UnMatch
Fitur ini digunakan untuk memindahkan PD yang ada di tab Referensi ke tab Residu. Yups, jika kita melakukan kesalahan klik Match/Not Match, ini dia fasilitas undo yang diberikan. Tombol ini ada di tab Referensi. Untuk menggunakannya, cukup dengan klik pada PD yang akan dikembalikan ke Residu, lalu klik tombol UnMatch yang muncul di atas.
2. Fitur Edit Data
Fitur ini adalah angin segar bagi operator yang datanya masih ada kesalahan pada nama dan tanggal lahir PD. Dengan fitur ini kita dapat langsung mengubah nama dan tanggal lahir langsung di web verval NISN. Untuk melakukan Edit data, caranya sebagai berikut:
a. Klik tab Edit Data.
b. Klik gambar pensil di depan nama PD yang akan diubah datanya (lihat gambar, nomor 1).
c. Tunggu proses loading selesai hingga muncul kotak edit nama dan tanggal lahir, ubah sesuai data yang valid (nomor 2).
d. Klik Update untuk menyimpan perubahan, atau Cancel untuk membatalkan (nomor 3).
Ada informasi tambahan bahwa NISN yang didapat melalui verval ini tidak perlu dientry ke Dapodik karena akan ada push data dari PDSP ke Dapodik. Demikian semoga informasi ini bermanfaat. Salam satu data.

0 komentar:

Posting Komentar