(Pertanyaan yang sering dipertanyakan guru
mengenai DAPODIK dan seputar data Aneka Tunjangan beserta Jawabannya)
- · Pertanyaan: "Kenapa Data "Total JJM Sesuai" saya tidak sama dengan yang diinput via Dapodik ??"
Jawaban: Berikut penjelasannya: (1)
Data yg kami ambil menggunakan data input semester 1 tahun 2012
(2) Data JJM ada 3 jenis JJM (inputan sekolah), JJM KTSP (JJM terinput dgn batasan maksimal KTSP), dan JJM Sesuai/Linier (JJM yg dibatasi KTSP, yang sesuai dengan sertifikasinya) 3) Contoh perhitungan: Jika seorang Guru mengajar pelajaran Guru Kelas SD (kelas 1) diinput mengajar 30 jam, menurut KTSP 26 jam. Maka JJMnya dianggap 26 jam, jika sertifikasinya Guru SD. Jika belum sertifikasi atau sertifikasinya selain Guru Kelas SD, maka JJM liniernya dianggap 0.
(2) Data JJM ada 3 jenis JJM (inputan sekolah), JJM KTSP (JJM terinput dgn batasan maksimal KTSP), dan JJM Sesuai/Linier (JJM yg dibatasi KTSP, yang sesuai dengan sertifikasinya) 3) Contoh perhitungan: Jika seorang Guru mengajar pelajaran Guru Kelas SD (kelas 1) diinput mengajar 30 jam, menurut KTSP 26 jam. Maka JJMnya dianggap 26 jam, jika sertifikasinya Guru SD. Jika belum sertifikasi atau sertifikasinya selain Guru Kelas SD, maka JJM liniernya dianggap 0.
- Pertanyaan: "Tolong update data saya, berikut filenya (word/excel/backup aplikasi dapodik)."
Jawaban: Mohon update data anda langsung
melalui Aplikasi Dapodik. Hubungi Kepala Sekolah/ Operator Dapodik / KK Datadik
Kab/Kota anda. Jika data telah dikirim, tunggu beberapa waktu sampai proses
transfer data selesai. Jika pengiriman data dari aplikasi dapodik berhasil,
data di web akan berubah dalam beberapa waktu sebagaimana telah terjadi pada
guru2 lainnya. Akan percuma jika kami update data anda di sistem kami karena
nanti akan tertimpa lagi oleh data dari dapodik.
- Pertanyaan: "Saya sudah input data kode sertifikasi, mengapa masih invalid di nomer 17 ?"
Jawaban: Sesuai kebijakan, data sertifikasi
kami ambil dari basis data Sertifikasi dari BPSDMP & PMP. Namun kode NUPTK
anda belum tercantum di basis data Sertifikasi yang ada pada kami (Dit.P2TK
Dikdas). Kami akan mencoba mengupdate data, di saat yang sama Bapak/Ibu pun
dapat menanyakan kepada yang bersangkutan.
·
Pertanyaan: "Saya tidak bisa login katanya salah password"
Jawaban: Isi password dengan format
YYYYMMDD, contoh: jika tgl lahir anda 12 April 1963 passwordnya: 19630312. Jika
masih salah, berarti data tgl lahir anda salah input di dapodik ada yang
terbalik misal tgl diatas menjadi 19631203 atau masih kosong dsb. Silakan cek
ke operator dapodik bapak/ibu.
- Pertanyaan: "Saya tidak bisa login katanya NUPTK tidak ditemukan"
Jawaban: Data dgn NUPTK tsb belum
kemungkinan masuk database, atau salah input. Mohon update data anda melalui
Aplikasi Dapodik. Hubungi kepala sekolah/ operator aplikasi dapodik / KK
Datadik Kab/Kota anda. Jika data telah dikirim, tunggu beberapa waktu sampai
proses transfer data selesai. Jika pengiriman data dari aplikasi dapodik
berhasil, data anda akan dapat login dengan sendirinya.
- Pertanyaan: "Jumlah Jam mengajar saya kosong terus/salah"
Jawaban: Data mengajar ada di modul rombel
di Aplikasi Pendataan. Mohon update data tsb. Khusus untuk kepala sekolah,
diambil data jam tugas tambahan dari jabatan PTK di kolom jabatan. Untuk
jabatan lainnya sementara ini kami ambil dari daftar PTK Terdaftar, yang muncul
pada saat penambahan PTK di kolom tugas ptk.
- Pertanyaan: "Saya sudah update data via dapodik tapi belum masuk2 di cek guru"
Jawaban: Ada beberapa server & proses
yang dilalui oleh data sebelum masuk database PTK. Jika data telah dikirim,
mohon tunggu beberapa waktu sampai proses transfer data selesai. Jika
pengiriman data dari aplikasi dapodik berhasil, data di web akan berubah dalam
beberapa waktu sebagaimana telah terjadi pada guru2 lainnya.
- Pertanyaan: "Masa kerja saya masih salah, sehingga gaji pokok juga salah"
Jawaban: Karena keterbatasan formulir
Dapodik, data SK berkala dan data MKG tidak bisa kami dapatkan sehingga kami
menghitung dari TMT Pengangkatan dan/atau TMT PNS. Tentu saja ini belum
memperhitungkan faktor honorer/CPNS dll ataupun sistim perhitungan masa kerja
segaris. Ke depan kami akan bekerjasama dengan BKN sehingga dapat diperoleh
data yang paling akurat.
- Point 8-9 tidak valid, nama pangkat golongan dan TMT gol kosong/tidak sesuai
Kemungkinan kesalahan : pengisian pada pangkat, golongan, jabatan
fungsional, TMT awal-akhir
Cara memperbaiki : isi pangkat golongan, jabatan fungsional, isi no. SK
Inpassing untuk Non PNS
- Point 10, tugas tambahan kosong, jika anda mempunyai tugas tambahan
Kemungkinan kesalahan : pada kolom jabatan, tugas tambahan guru, kolom
riwayat terdaftar
Cara memperbaiki :
- Untuk guru dengan tugas tambahan kepala sekolah diisi pada kolom jabatan dan
pada riwayat terdaftar diisi sebagai guru dan sebagai kepala sekolah
- Untuk guru dengan tugas tambahan lainnya, diisi pada riwayat terdaftar sebagai
guru dan juga isi jabatan tugas tambahan lainnya
- Point 17 tidak valid, id bidang studi sertifikasi kosong
Kemungkinan kesalahan : pada pengisian data nomor sertifikat pendidik, NRG,
bidang studi sertifikasi, tahun sertifikasi.
Cara memperbaiki : cek kembali data tersebut terutama NRG (yang sudah
memiliki NRG adalah peserta sertifikasi <>
- Point 20 tidak valid, JJM kurang dari 24 jam
Kemungkinan kesalahan : pada pengisian data rombel, PTK mengajar, tugas
tambahan guru, riwayat mengajar, riwayat terdaftar
Cara memperbaiki :
- Isi PTK mengajar pada data rombel sesuai dengan jumlah jam mengajar.
- Untuk guru dengan tugas tambahan kepala sekolah diisi pada kolom jabatan dan
pada riwayat terdaftar diisi sebagai guru dan sebagai kepala sekolah
- Untuk guru dengan tugas tambahan lainnya, diisi pada riwayat terdaftar sebagai
guru dan juga isi jabatan tugas tambahan lainnya
- Point 15, gaji pokok kosong untuk PNS
Kemungkinan kesalahan : pengisian data jabatan fungsional, pangkat,
golongan, SK Awal, SK akhir, TMT awal-akhir, riwayat kepangkatan, riwayat gaji
berkala.
Cara memperbaiki : cek kembali dan lengkapi data tersebut
- Point 15, gaji pokok kosong untuk Non PNS
Kemungkinan kesalahan : pengisian data jabatan fungsional, pangkat,
golongan, SK Awal, SK akhir, TMT awal-akhir, riwayat kepangkatan, riwayat gaji
berkala, no. SK Inpassing
Cara memperbaiki : cek kembali dan lengkapi data tersebut
- Point 18, tahun pensiun kosong, atu sudah terlewati
Kemungkinan kesalahan : pengisian data tanggal lahir, TMT
Cara memperbaiki : isi tanggal lahir dengan benar
- Perhitungan JJM Untuk Guru Bimbingan Konseling :
Untuk aplikasi yang sekarang guru BK memang belum memiliki ruang
yang jelas,.. oleh karena itu untuk guru bk sementara ini masukan saja dulu
kedalam rombel,..
dengan rumusan JJMnya : jumlah siswa/150 x 24
misalkan dikelas 1A ada 30 siswa maka isi jjm untuk guru bk => 30/150 x 24 = 24/5 = 5 jam
5 jam dibulatkan ke atas
dengan rumusan JJMnya : jumlah siswa/150 x 24
misalkan dikelas 1A ada 30 siswa maka isi jjm untuk guru bk => 30/150 x 24 = 24/5 = 5 jam
5 jam dibulatkan ke atas
- Guru Bahasa Inggris SD :
Pada intinya Guru SD tidak ada B. Inggris pada KTSP namun di karenakan ada
sertifikat dan kode yg mencantumkan guru SD silahkan saja, namun konteksnya
adalah MULOK dengan artian apabila ada mulok potensi daerah atau bahasa daerah
semua nya harus berkorban
namun ingat untuk KTSP 1 2 3 Mulok masuk pada bagian tugas Guru Kelas di luar guru Agama dan Penjas yang jelas2 sudah di atur :
namun ingat untuk KTSP 1 2 3 Mulok masuk pada bagian tugas Guru Kelas di luar guru Agama dan Penjas yang jelas2 sudah di atur :
Sample SD Kelas 1 KTSP 26 + 4 (maks)
Guru Kelas = 24
Guru Agama = 2
Guru Penjas = 2
Mulok = 2 Begitu terus naik ke kelas berikutnya, saran saya agar tidak mengganggu guru kelas dan guru penjas silahkan di masukan pada kelas tinggi. Lagi .. lagi - lagi kelas tinggi .. ingat di kelas tinggi ada kepsek, seperti yg saya bilang tadi di atas kelas 4, 5 dan 6 silahkan di petakan di sini .. tapi ingat sekali lagi .. pada KTSP 4 5 6 setiap mapel sudah di jabarkan ..namun semua mapel itu masih merupakan wilayah tugas guru kelas hanya jumlah jam per rombel lebih luas ..oleh sebab itu kepsek di petakan di sini dan guru yang memiliki sertifikat Bahasa Inggris dianggap mulok. Kecuali si guru kelas rela membagi 24 jam nya dengan tidak mengajar Bahasa Inggris otomatis JJM nya menjadi 22 dan tidak memenuhi syarat atau guru kelas tetap 24 namun guru Bahasa Inggris masuk sebagai guru Bahasa Inggris konsekwensi nya rombel menjadi TIDAK NORMAL. Namun untuk kejelasan kenapa Badan PSDM mengeluarkan sertifikat pendidik serta kode sertifikasi 157 mengandung guru SD tidak sejalan dengan kode konversi yang di keluarkan oleh Badan PSDM pun kami sampai hari ini blm mendapatkan jawaban
Guru Kelas = 24
Guru Agama = 2
Guru Penjas = 2
Mulok = 2 Begitu terus naik ke kelas berikutnya, saran saya agar tidak mengganggu guru kelas dan guru penjas silahkan di masukan pada kelas tinggi. Lagi .. lagi - lagi kelas tinggi .. ingat di kelas tinggi ada kepsek, seperti yg saya bilang tadi di atas kelas 4, 5 dan 6 silahkan di petakan di sini .. tapi ingat sekali lagi .. pada KTSP 4 5 6 setiap mapel sudah di jabarkan ..namun semua mapel itu masih merupakan wilayah tugas guru kelas hanya jumlah jam per rombel lebih luas ..oleh sebab itu kepsek di petakan di sini dan guru yang memiliki sertifikat Bahasa Inggris dianggap mulok. Kecuali si guru kelas rela membagi 24 jam nya dengan tidak mengajar Bahasa Inggris otomatis JJM nya menjadi 22 dan tidak memenuhi syarat atau guru kelas tetap 24 namun guru Bahasa Inggris masuk sebagai guru Bahasa Inggris konsekwensi nya rombel menjadi TIDAK NORMAL. Namun untuk kejelasan kenapa Badan PSDM mengeluarkan sertifikat pendidik serta kode sertifikasi 157 mengandung guru SD tidak sejalan dengan kode konversi yang di keluarkan oleh Badan PSDM pun kami sampai hari ini blm mendapatkan jawaban
Perlu diperhatikan Untuk :
a. Kepsek SD
b. Guru BK
b. Guru BK
c. Guru PLB/SLB
d. Guru Khusus
d. Guru Khusus
e. Serta status rombel normal atau tidak masih berubah2
tampilannya krn status sinkron masih labil .. jadi klo ada tampilan aneh dibiarin aja dulu.
Persyaratan untuk guru yang mengajar di beda jenjang (dikmen) atau mengajar diluar kemendiknas (kemenag, kemenkes dll) memang harus melengkapi keterangan mengajar dari sekolah tersebut.
1. surat keterangan dari kepala sekolah di luar dikdas tempat guru tersebut
mengajar
2. Jadwal mengajar pada sekolah di luar dikdas tempat guru tersebut mengajar
3. Surat penugasan mengajar dari kepala sekolah di luar dikdas tempat guru
tersebut mengajar
4. Sertifikat pendidik
5. Print out NUPTK atau kartu NUPTK (jika ada) atau NRG (jika sudah
sertifikasi)
6. Hard copy dikirim ke pengelola tunjangan di kabupaten/kota setempat
7. Scan hardcopy di kirim ke pusat melalui dinas pendidikan kabupaten/kota
setempat dengan subjeck mengajar diluar dikdas
scan hardcopy dan kirim ke simtun2013@yahoo.com
dan p2tk.dikdas@gmail.com dengan subjeck mengajar diluar
Normal itu maksudnya adalah rombel tersebut masih berada pada range normal sesuai dengan
Aturan yg ada,... yaitu 32jam + 4 jam tambahan,..
jika warnanya merah berarti rombel tersebut melebihi dari aturan itu,...
bisa saja satu rombel lebih dari 36 jam tetapi harus ada dasar yg kuat,.. misalnya kebijakan
pemda,..yang menambah pelajaran mulok,.. sehingga jjm menjadi 38,.. tapi penambahan itu
harus dilaporkan oleh dinas setempat ke p2tk bahwa mereka melakukan penambahan jjm
menjadi 38,.secara resmi dengan surat dinas…… lihat standar isi,..
pp 22 tahun 2006 di forum dunia guru sudah ada (link : http://duniaguru.net/ ) ma yang ni jangan
dilupakan pp 74 tahun 2008 untuk minimum kelas dan guru sertifikasi ups..ada yg ketinggalan…
hihi…http://duniaguru.net/showthread.php?tid=55 lihat dan pelajari ya (BB++) DAFTAR
PENYESUAIAN BIDANG STUDI SERTIFIKASI di print juga boleh..buat sarung bantal apalagi boleh
bangetss..
pertama yg menyebabkan jadi tdk normal krna rombel muncul di p2tk jdi doble.. low masalah itu
kita abaikan saja.. yg penting kita skrang pengaturan JJM di setiap rombelnya.. krna itu jga yg
menyebabkan tdk normal
System yg di p2tk skrang menghitung jjmnya yaitu jam yg ada di rombel jg bukan per PTK/Guru
P2TK mengacu pda Standar isi dan PP no 74 thun 2008
sya contohkan JJM yg tdk normal/tdk logika misal di rombel I-A
guru kelas 26 jam, guru agama 3 jam guru pjok 4 jam, english 2 jam = 35 jam
5 jam ini sdah tdk logika di rombel I-A tsb krna peraturan untuk tingkat I yaitu 26 jam ditambah
4 jam tambahan...
1. SD = jika susunannya sesuia aturan yg berlaku berarti tgl wait and see.... krna tdi jga sya
kasih contoh ke pihak p2tk jika pengaturan rombel sperti ini tuk kelas 1 = guru Kelas 24 guru
agama 3 dan pjok 3
skrang finalnya susunan JJM per rombel sperti berikut:
Tingkat 1 = 26 + 4
Tingkat 2 = 27 + 4 jam
Tingkat 3 = 28 + 4 jam
Tingkat 4-6 = 32 + 4 Jam silahkan tafsirkan sendiri bagaimana mengatur rombel tsb... dan ingat
tuk SD yg diakui yaitu guru kelas, pai dan pjok, TERKECUALI KEPALA SEKOLAH!!
2. SMP Tuk SMP mulai dari kelas 7 - 9 = 32 jam + 4 jam, rinciannya boleh lihat di KTSP dan
perlu di ingat yg tambahan 4 jam tsb baik d sd maupun di smp terserah mau di masukan ke
mapel apa..
tuk SMP rinciannya silahkan lihat di standar isi..
itu berlaku per ROMBEL, Sesuaikan dengan Jumlah Rombel yang ada di sekolah
OK saya contohkan pengaturan rombel tuk tngkat SMP :
1. Pendidikan Agama = 2 jam
2. Pkn = 2 jam
3. Bahasa indonesia = 4 jam
4. Bahasa Inggris = 4 jam
5. Matematika = 4 jam
6. IPA (biologi + Fisika) = 4 jam
7. IPS (geografi + Sejarah) = 4 jam
8. Seni budaya = 2 jam
9. PJOK = 2 Jam
10. TIK = 2 Jam
11. Mulok = 2 jam
jumalh = 32 jam sisa 4 jam itu terserah (terserah sesuai ktsp dan peraturan yg berlaku di daerah
masing2) intinya tuk smp perombel tdk boleh melebihi dari 36 jam..
JJM BK : sepakat guru BK dimasukkan ke rombel dg perhitungan jam JML siswa di dalm
kelas/150 x 24 hasilnya dibulatkan naik…di csrip tidak akan di hitung..tidak hitung sebagai jam
rombel(akumulasi) JJM rombel tidak berpengaruh…jam rombel akan dikeluarkan untuk guru
BK..di dalam aplikasi guru BK sama seperti guru yg lainnya mengajar BK…
3. A. KS tuk SD
KS = KEPALA SEKOLAH
OKE sebelum dilanjut para OP rus inget dulu pengaturan jam perombel tdi yg sdah dibahas dan
ingat tuk sd kelas 1-3 itu tematik
DIKARENAKAN RATA2 KEPSEK yg di SD rata2 sertifikasinya guru kelas.. sdangkan peraturan rus
linear dulu kami dan atas saran dari p2tk juga dimaping ke rombelnya rus sesuiai dng sertifikasi
maka rus guru kelas.. tpi bagaimana mungkin.?? terpaksa para op kami suruh sperti tdi..
ternyata eh ternyata ada kebijakan baru dari p2tk tuk KS khusu di SD silahkan mau mapel apa
sja walaupun tdk linear dng sertifikasinya...
jadi di mapping bisa selain guru kelas, sesuai dengan sertifikasinya
walupun nantinya yg dihitung oleh sytem tetep 18 jam tpi tetep bisa memenuhi syarat asalkan
ada rincian mengajarnya... minimal 6 jam... tpi jika memang di skolah tsb kekurangan guru tdk
masalah ks tsb menjadi guru/wali kelas..
sebaiknya supaya siytem tdk membaca ketidak normalan mendingan ke mapel saja.
utk masal red itu rus perbaikan jam dirombel tsb begitu perintah dari p2tknya.. dan rus masuk
kelas atas... dan jng lupa berarti di rombel kelas atas tsb ada yg dikurangi jamnya.. nah silahkan
atur saja.. INGAT TDK BOLEH MELIBIHI BATAS MAKSIMAL.....krna jjm ini skrang ga bisa
dikibulin
B. KS tuk SMP sama seperti semula atau awal karena akan muncul pada p2tk setelah di
masukkan ke dalam tugas tambahan
jika warnanya merah berarti rombel tersebut melebihi dari aturan itu,...
bisa saja satu rombel lebih dari 36 jam tetapi harus ada dasar yg kuat,.. misalnya kebijakan
pemda,..yang menambah pelajaran mulok,.. sehingga jjm menjadi 38,.. tapi penambahan itu
harus dilaporkan oleh dinas setempat ke p2tk bahwa mereka melakukan penambahan jjm
menjadi 38,.secara resmi dengan surat dinas…… lihat standar isi,..
pp 22 tahun 2006 di forum dunia guru sudah ada (link : http://duniaguru.net/ ) ma yang ni jangan
dilupakan pp 74 tahun 2008 untuk minimum kelas dan guru sertifikasi ups..ada yg ketinggalan…
hihi…http://duniaguru.net/showthread.php?tid=55 lihat dan pelajari ya (BB++) DAFTAR
PENYESUAIAN BIDANG STUDI SERTIFIKASI di print juga boleh..buat sarung bantal apalagi boleh
bangetss..
pertama yg menyebabkan jadi tdk normal krna rombel muncul di p2tk jdi doble.. low masalah itu
kita abaikan saja.. yg penting kita skrang pengaturan JJM di setiap rombelnya.. krna itu jga yg
menyebabkan tdk normal
System yg di p2tk skrang menghitung jjmnya yaitu jam yg ada di rombel jg bukan per PTK/Guru
P2TK mengacu pda Standar isi dan PP no 74 thun 2008
sya contohkan JJM yg tdk normal/tdk logika misal di rombel I-A
guru kelas 26 jam, guru agama 3 jam guru pjok 4 jam, english 2 jam = 35 jam
5 jam ini sdah tdk logika di rombel I-A tsb krna peraturan untuk tingkat I yaitu 26 jam ditambah
4 jam tambahan...
1. SD = jika susunannya sesuia aturan yg berlaku berarti tgl wait and see.... krna tdi jga sya
kasih contoh ke pihak p2tk jika pengaturan rombel sperti ini tuk kelas 1 = guru Kelas 24 guru
agama 3 dan pjok 3
skrang finalnya susunan JJM per rombel sperti berikut:
Tingkat 1 = 26 + 4
Tingkat 2 = 27 + 4 jam
Tingkat 3 = 28 + 4 jam
Tingkat 4-6 = 32 + 4 Jam silahkan tafsirkan sendiri bagaimana mengatur rombel tsb... dan ingat
tuk SD yg diakui yaitu guru kelas, pai dan pjok, TERKECUALI KEPALA SEKOLAH!!
2. SMP Tuk SMP mulai dari kelas 7 - 9 = 32 jam + 4 jam, rinciannya boleh lihat di KTSP dan
perlu di ingat yg tambahan 4 jam tsb baik d sd maupun di smp terserah mau di masukan ke
mapel apa..
tuk SMP rinciannya silahkan lihat di standar isi..
itu berlaku per ROMBEL, Sesuaikan dengan Jumlah Rombel yang ada di sekolah
OK saya contohkan pengaturan rombel tuk tngkat SMP :
1. Pendidikan Agama = 2 jam
2. Pkn = 2 jam
3. Bahasa indonesia = 4 jam
4. Bahasa Inggris = 4 jam
5. Matematika = 4 jam
6. IPA (biologi + Fisika) = 4 jam
7. IPS (geografi + Sejarah) = 4 jam
8. Seni budaya = 2 jam
9. PJOK = 2 Jam
10. TIK = 2 Jam
11. Mulok = 2 jam
jumalh = 32 jam sisa 4 jam itu terserah (terserah sesuai ktsp dan peraturan yg berlaku di daerah
masing2) intinya tuk smp perombel tdk boleh melebihi dari 36 jam..
JJM BK : sepakat guru BK dimasukkan ke rombel dg perhitungan jam JML siswa di dalm
kelas/150 x 24 hasilnya dibulatkan naik…di csrip tidak akan di hitung..tidak hitung sebagai jam
rombel(akumulasi) JJM rombel tidak berpengaruh…jam rombel akan dikeluarkan untuk guru
BK..di dalam aplikasi guru BK sama seperti guru yg lainnya mengajar BK…
3. A. KS tuk SD
KS = KEPALA SEKOLAH
OKE sebelum dilanjut para OP rus inget dulu pengaturan jam perombel tdi yg sdah dibahas dan
ingat tuk sd kelas 1-3 itu tematik
DIKARENAKAN RATA2 KEPSEK yg di SD rata2 sertifikasinya guru kelas.. sdangkan peraturan rus
linear dulu kami dan atas saran dari p2tk juga dimaping ke rombelnya rus sesuiai dng sertifikasi
maka rus guru kelas.. tpi bagaimana mungkin.?? terpaksa para op kami suruh sperti tdi..
ternyata eh ternyata ada kebijakan baru dari p2tk tuk KS khusu di SD silahkan mau mapel apa
sja walaupun tdk linear dng sertifikasinya...
jadi di mapping bisa selain guru kelas, sesuai dengan sertifikasinya
walupun nantinya yg dihitung oleh sytem tetep 18 jam tpi tetep bisa memenuhi syarat asalkan
ada rincian mengajarnya... minimal 6 jam... tpi jika memang di skolah tsb kekurangan guru tdk
masalah ks tsb menjadi guru/wali kelas..
sebaiknya supaya siytem tdk membaca ketidak normalan mendingan ke mapel saja.
utk masal red itu rus perbaikan jam dirombel tsb begitu perintah dari p2tknya.. dan rus masuk
kelas atas... dan jng lupa berarti di rombel kelas atas tsb ada yg dikurangi jamnya.. nah silahkan
atur saja.. INGAT TDK BOLEH MELIBIHI BATAS MAKSIMAL.....krna jjm ini skrang ga bisa
dikibulin
B. KS tuk SMP sama seperti semula atau awal karena akan muncul pada p2tk setelah di
masukkan ke dalam tugas tambahan
Pengertian
Linierisasi Bidang Studi : Linierisasi Bidang Studi Sertifikasi merupakan Kesesuaian Bidang Studi yang
diampuh Guru dalam sertifikat pendidik dan mengajarnya dengan Ijazah program
studi S-1 nya(linier),apabila tidak sesuai (tidak linier) dengan program
studi S-1, dapat menggunakan program studi D-III, apabila tidak sesuai (tidak
linier) dengan program studi S-1 dan program studi D-III, guru dapat
menetapkan bidang studi yang serumpun dengan program studi S-1 dan
D-III,apabila tidak sesuai (tidak linier) dengan program studi S-1 dan
program studi D-III, guru dapat menetapkan bidang studi sertifikasi sesuai
dengan mata pelajaran, rumpun mata pelajaran, atau satuan pendidikan yang
diampunya, dan harus memiliki masa kerja minimal sudah 5 tahun berturut-turut
mengajar mata pelajaran tersebut.
|
GURU BIMBINGAN KONSELING : untuk aplikasi yang sekarang guru BK
memang belum memiliki ruang yang jelas,.. oleh karena itu untuk guru bk sementara
ini masukan saja dulu kedalam rombel,.. dengan rumusan JJMnya :
jumlah siswa/150 x 24
misalkan dikelas 1A ada 30 siswa maka isi jjm untuk guru bk => 30/150 x 24 = 24/5 = 5 jam
5 jam dibulatkan keatas
jumlah siswa/150 x 24
misalkan dikelas 1A ada 30 siswa maka isi jjm untuk guru bk => 30/150 x 24 = 24/5 = 5 jam
5 jam dibulatkan keatas
Pengertian JJM dianggap linier jika guru tersebut sudah mendapat
sertifikat pendidik dan mengajar mata pelajaran sesuai dengan bidang
sertifikasinya. Jika belum sertifikasi maka JJM linier akan 0
Jika guru sudah sertifikasi dan masih 0, maka pastikan bahwa NUPTK yang digunakan sama dengan NUPTK pada saat sertifikasi dan penulisan nama yang sama dengan nama pada database NUPTK.
Jika guru sudah sertifikasi dan masih 0, maka pastikan bahwa NUPTK yang digunakan sama dengan NUPTK pada saat sertifikasi dan penulisan nama yang sama dengan nama pada database NUPTK.
GTT Tidak memenuhi syarat : status kepegawaian tersebut tidak
memenuhi syarat untuk tunjangan profesi,..
untuk syarat memenuhi tunjangan profesi harus minimal adalah GTY (guru tetap yayasan)
lihat pp 74 tahun 2008
untuk syarat memenuhi tunjangan profesi harus minimal adalah GTY (guru tetap yayasan)
lihat pp 74 tahun 2008
Bagi Guru Mapl
yang pemenuhan 24 Jamnya sebagai Tutor pada Kejar Paket untuk JJMnya tidak bisa di akui.
Cara Pengisian Rombel
Yang Benar
Rombel atau rombongan belajar adalah
tempat pertemuan antara siswa dan guru, sehingga sebuah rombel dianggap sah
sebagai sebuah rombel jika memiliki siswa minimal 20 orang dan adanya guru yang
mengajar..
Agar guru dapat terhitung jumlah jam mengajarnya maka guru harus dimapping kedalam rombel dan ditentukan mata pelajaran yang diajarkan pada kelas (rombel) tersebut.
Kemudian isikan juga jumlah jam mengajar guru tersebut selama seminggu.
pengisian JJM harus sesuai dengan SK mengajar yang sudah ditandatangani oleh pejabat sekolah tersebut. pengentrian data yang tidak berdasarkan SK yang syah akan menjadi tanggung sekolah.
Agar guru dapat terhitung jumlah jam mengajarnya maka guru harus dimapping kedalam rombel dan ditentukan mata pelajaran yang diajarkan pada kelas (rombel) tersebut.
Kemudian isikan juga jumlah jam mengajar guru tersebut selama seminggu.
pengisian JJM harus sesuai dengan SK mengajar yang sudah ditandatangani oleh pejabat sekolah tersebut. pengentrian data yang tidak berdasarkan SK yang syah akan menjadi tanggung sekolah.
- Bagaimana cara mengusulkan data Guru penerima tunjangan Profesi?"
Jawaban : Biar Gambar yang berbicara
- Bagaimana melihat data yang sudah di usulkan menjadi data SIAP SK TPP di aplikasi tunjangan profesi?"
Jawaban : Biar Gambar yang berbicara
Maaf pak, mau tanya kalo untuk pememuhan jam mengajar di luar sekolah induk,sama2 smp di bawah dikdas tapi beda kabupaten kota. Inputannya itu di atur oleh operator skolah lwat aplikasi dapodik di bagian mana, atau harus lewat operator dinas. Makasih
BalasHapusMau tanya apakah bisa valid 2 guru mata peljaran yang sma mengambil jam diluar sekolah induk mohon jawabannya
BalasHapus