Rabu, 21 Mei 2014

CATATAN KECIL

Hanya sekedar berbagi juga ide untuk kawan - kawan
OPERATOR SEKOLAH SELURUH INDONESIA.


Tak lama lagi kita akan dihadapkan dengan siswa baru ( SD = Kelas 1 )
Maka itu, agar tidak terjadi berbelit atau kesalahan terus menerus terjadi lagi yang sering kali ditemukan pada ( Nama / Tempat Lahir / Tanggal Lahir / NIK / Nama Orang Tua atau Wali / Hak mendapatkan BSM, dll ) Yang terdapat pada Aplikasi Pendataan / DAPODIK ini. Coba kita siapkan dalam Pendaftaran / PSB nanti itu selain Lembar Pendaftaran, kita berikan Format Isian Peserta Didik. 


Namun jangan lupa juga bilamana ada calon pendaftar siswa baru, agar melampirkan Foto Copy :
1. Foto Copy Kartu Keluarga ( Terbaru ),
2. Foto Copy Akte Kelahiran / Tanda Kelahiran dari Kelurahan atau Desa,
3. Foto Copy Kartu ( KPS ) bila ada,
4. Foto Copy KTP Orang Tua ( Untuk lebih meyakinkan data )


Dan langkah selanjutnya, bilamana Lembar Pendaftaran Siswa Baru itu telah dikembalikan beserta Isian untuk di Aplikasi PD ( Peserta Didik ). Kita bekerja sama dengan Kepala Sekolah untuk membuat undangan khusus kepada orang tua siswa baru dalam rangka Verifikasi dan Validasi Data Siswa Baru nanti. 


Jadi Operator Sekolah akan lebih maksimal menginput data, dikarenakan orang tua yang bersangkutan hadir langsung menyaksikan pendataan itu. Terakhir, bila sudah para Orang tua siswa baru itu melakukan Verifikasi dan Validasi data, berlakukanlah BERITA ACARA (Penandatanganan), agar dinyatakan oleh para Orang tua siswa baru tersebut, bahwa data yang di input Operator Sekolah adalah SAH.






0 komentar:

Posting Komentar