Minggu, 25 Mei 2014

Kurikulum 2013 : Silabus Jenjang SD dan SMP

Silabus SD dan SMP Kurikulum 2013
Dari berbagai hal yang berbeda di kurikulum 2013 dibanding kurikulum sebelumnya, satu diantaranya yaitu sudah disediakannya silabus oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sehingga para guru hanya tinggal menjabarkan isi silabus yang ada kedalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Sebagaimana pada kurikulum sebelumnya, RPP masih menjadi kewajiban guru untuk mengembangkannya dengan memperhatikan berbagai hal yang berkenaan dengan peserta didik.

Sebagaimana diketahui bersama, pemberlakuan kurikulum 2013 telah dimulai pada tahun pelajaran 2013/2014 dimana untuk jenjang Sekolah Dasar mulai diberlakukan pada kelas I dan kelas IV, sedangkan pada jenjang Sekolah Menengah Pertama pada kelas VII, dan kelas X pada jenjang SMA dan SMK. Meskipun hanya terbatas pada sebagian kecil sekolah di Indonesia. Namun pihak Kemdikbud secara bertahap pada tahun pelajaran 2014/2015 akan memberlakukan serentak disemua sekolah di Indonesia.

Salah satu perubahan penting dari kurikulum sebelumnya yakni ditetapkannya pendekatan pembelajaran saintifik disemua jenjang satuan pendidikan. Oleh karena itu, untuk menjamin keterlaksanaan pendekatan saintifik tersebut, pihak Kemdikbud menyediakan buku guru sebagai panduan pelaksanaan proses pembelajaran bagi guru dalam mengelola pembelajaran. Disamping itu juga disiapkan buku siswa sebagai salah satu sumber belajar sekaligus menyediakan alternatif panduan aktivtas peserta didik agar aktivitas belajar masih dalam suasana pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Agar menjadi lebih operasional pun sampai dengan silabus disiapkan oleh pemerintah.

Bagi yang memerlukan Silabus, silahkan mengunduh dengan meng-klik tautan di bawah ini :

Silabus SD

Silabus SMP

0 komentar:

Posting Komentar